Perkembangan dunia digital terutama internet, membuat strategi pemasaran digital semakin diminati. Masa pandemi covid-19, membuat strategi ini semakin sempurna untuk dilakukan. Mengapa? Karena aktivitas orang lebih banyak dilakukan di rumah. Berbagai kegiatan di luar sudah dibatasi dalam waktu yang cukup lama. Sehingga mengubah kebiasaan masyarakat yang dulunya selalu berbelanja ke supermarket, mall atau pasar berubah menjadi online shopping baik melalui marketplace maupun lewat social media.

Dengan tingginya minat konsumen terhadap belanja online, membuat berbagai bisnis digital bermunculan. Pebisnis mulai beramai-ramai membuka toko online mereka di marketplace dan juga social media. Jika mereka bertahan dengan toko offline, maka mereka akan kehilangan banyak pelanggan. Sehingga, berbagai upayapun dilakukan untuk membangung toko online tersebut, termasuk menyewa jasa digital marketing agency.

Baca lebih lanjut : Pelatihan Digital Marketing

Layanan yang diberikan oleh seorang agensi pemasaran digital

Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh seorang agensi pemasaran digital adalah meliputi Branding, SEO, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Advertising, Content Marketing dan Social Media Management.

Perusahaan bisa memilih salah satu tugas agensi tersebut atau melakukanya sekaligus dengan menyewa sebuah yang memiliki tim pemasaran yang hebat. Pemasaran digital tidak hanya terbatas pada penjualan produk tetapi juga bisa pemasaran jasa seperti pendidikan, perbankan, kesehatan, pinjaman online, game, dan kredit pintar.

Perbedaan marketing agency dan advertising agency

Sekilas mereka memiliki makna yang hampir sama bahkan terlihat memiliki peranan dan fungsi yang sama juga. Padahal tidak, keduanya berbeda. Sebuah agensi pengiklanan hanya focus untuk memperkenalkan produk umum maupun produk digital dan menyampaikan pesan-pesan dari perusahaan melalui iklan tersebut. Sedangkan agensi pemasaran akan melakukan sisa pekerjaan tersebut, yaitu membuat suatu hal yang dapat mengajak penonton untuk terus memperhatikan produk dan mencobanya.

Marketing agency juga berupaya meningkatkan keuntungan perusahaan dan meningkatkan penjualan dengan cara mengajak konsumen untuk terus menggunakan produk. Dengan kata lain agensi ini bertugas untuk menciptakan loyalitas konsumen. Mereka juga membutuhkan alat dan strategi dalam melakukan promosi agar kenaikan penjualan dapat berlangsung lebih cepat dan tepat sasaran. Adapun strategi-strategi pemasaran yang harus mereka lakukan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori tujuannya adalah untuk efisiensi. Pengelompokan ini selalu bertujuan untuk mendorong konsumen membeli lebih banyak produk.

Agensi pemasar yang sukses adalah yang bisa menarik perhatian pengecer, pengusaha toko grosir, importir dan eksportir untuk membeli produk yang mereka pasarkan dan kemudian menjadi pelanggan tetap. Selain itu, agensi ini juga diperlukan untuk menggaet konsumen baru dan terus mempertahankan konsumen lama dengan menciptakan loyalitas merek, mereka harus bisa menciptakan pasar yang dinamis untuk memperkenalkan suatu produk terutama produk baru.